INGIN MENGETAHUI BUDAYA DEDIJE ADA SEMUA TIPS DEDIJE ADA SEMUA DEDIJEGALE (SEMUA DISINI) SALAM PERTEMUAN DEDIJEGALE SEE U NEXT TIME DEDIJEGALE.COM GOOD BY * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG contakperson admin 082380027777 *

MAKAM MENGELUARKAN API

Written By Kausarin Amd on Minggu, 24 Juli 2011 | Minggu, Juli 24, 2011

DEDIJEGALE.COM

Umamah adalah seorang wanita yang suka mengahsut, suka mengadu domba orang lain, sehingga mereka saling bertengkar.
Ketika meninggal dunia, makam Umamah mengeluarkan api.

Kisahnya.
Amr bin Dinar, seorang ulama terkenal yang pernah menceritakan berita ini kepada para santri-santrinya. Menurut Amr, di sebuah dusun di kota Madinah ada seorang wanita muda yang bernama Umamah binti Husein, telah menderita sakit yang sangat parah hingga meninggal dunia. Karena itulah sebagai tetangga, Amr bertakziah untuk memberikan penghormatan yang terakhir kepada wanita tersebut dengan ikut menshalati dan menguburkan jenazah.

Dalam proses pemakaman tidak ada sesuatu yang aneh. Namun tatkala usai pemakaman, adik Umamah sesampainya di rumah tiba-tiba ingat, hawa kantong berwarna putih berisi emas jatuh di dalam kubur kakaknya.

Penggalian Kubur.
Dengan penuh rasa cemas dan gelisah, adik Umamah, Azarudin bergegas keluar untuk menemui seorang penggali kubur.
Ia berkata,"Beberapa jam yang lalu saudaraku telah dikuburkan. Ada kantong yang berharga dan tertinggal di dalam makam."
"Sesuatu apakah yang tertinggal tersebut, dan seberapa besarkah pentingnya sesuatu itu?" tanya penggali kubur.
"Barang yang tertinggal di dalam kubur itu adalah kantong yang berisi perhiasan milik saudaraku," jawab Azarudin.

Setelah mengutarakan semua maksudnya tersebut, Azarudin bersama penggali dan ditemani oleh beberapa orang keluarganya menuju ke tempat dimana Umamah baru saja dikuburkan. Lalu, sang penggalipun segera melakukan tugasnya, dan tanpa diduga-duga, tiba-tiba di sebuah sudut galian, Azarudin melihat sebuah kantong yang berwarna putih. Dengan penuh penasaran, Azarudin meminta kepada Bapak penggali untuk mengambil kantong tersebut.
"Tolong ambilkan kantong itu. Barang itu yang aku cari," kata Azarudin.

Namun belum usai ia melampiaskan kegembiraannya, tiba-tiba pandangan Azarudin kembali tertuju pada kain putih lagi.
"Wahai penggali kubur, bukankah itu kain kafan jasad saudaraku, kalau begitu tolong digali lagi biar aku bisa melihat jasadnya," kata Azarudin.
Setelah menggali dan melihat kain kafannya, sang penggali membersihkan tanah yang ada di kain kafan itu. Dengan penuh penasaran, maka dibukalah sedikit kain kafan tersebut. Namun, belum selesai jasad Umamah terlihat jelas, tiba-tiba di bawah kaki almarhumah keluar api yang sangat besar.

Balasan Allah SWT.
Melihat keanehan yang terjadi, Azarudin dan orang-orang yang ada ditempat itu merasa keheranan. Maka segera saja sang penggali menimbun tanah makam Umamah dan meratakan kuburan itu. Usai meratakan tanah, semuanya akhirnya pulang ke rumah masing-masing.

Setelah melihat peristiwa itu, Azarudin segera menemui ibunya yang sedang duduk di ruang tamu.
"Wahai ibu, bagaimana perilaku kakakku?" tanya Azarudin.
Melihat anaknya yang tiba-tiba bertanya seperti itu, ibunya berkata,
"Mengapa kamu tanyakan tingkah laku saudaramu, padahal ia telah meninggal dunia."

Azarudin tetap meminta ibunya supaya memberitahu perilaku kakaknya.
Karena didesak, akhirnya ibunya menjawab,
"Kakakmu itu sering kali ketika malam, mengintai rumah-rumah tetangga untuk mendengar pembicaraan mereka. Lalu disampaikan kepada orang lain, dia suka mengadu domba dan hasut. Akhirnya, tentangga satu dengan lainnya bertengkar dan tidak bertegur sapa."

Karena itu, siapa yang ingin selamat dari siksaan kubur haruslah menjauhkan diri dari sifat Namimah, sifat mengadu domba supaya selamat dari siksaan kubur dan mudah baginya menjawab pertanyaan Malaikat Munkar Nakir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolase

Kolase