Patrick (paling depan), seorang mahasiswa, mengantri bersama seorang teman di belakangnya, mengantri sejak Kamis (10/3/2011) demi bisa membeli iPad 2 pada penjualan pertamanya secara serempak di AS, Jumat (11/3/2011) waktu setempat
Menurut riset Strategy Analytics, pada periode empat bulan itu, Apple mampu menjual sebanyak 6 juta unit iPad dari 7,5 juta unit tablet yang terjual di Amerika Utara. Senior analis Strategy Analytics Alex Spektor bilang, Apple terlalu kuat untuk disandingkan dengan merek pesaingnya seperti Motorola, Samsung, RIM, Asus, dan HTC.
"Kombinasi merek yang telah terbentuk kuat, produk yang mudah diaplikasikan, layanan hiburan yang lengkap, dan distribusi pemasaran yang cerdas membuat Apple menjadi pemimpin pasar yang sulit terkalahkan," ujarnya.
Sebentar lagi Apple akan mendapat satu pesaing baru yakni Amazon, layanan toko online di AS, yang akan meluncurkan tablet pertama dalam waktu dekat. "Menganalisis harga, ukuran layar, dan desain perangkat lunaknya, Amazon bisa menjadi pesaing Apple yang dominan," ujar Neil Mawston Direktur Strategy Analytics.
Berita miring mengenai hasil riset sebelumnya dari JPMorgan Chase yang menunjukkan indikasi penurunan pesanan iPad dari beberapa pemasok sebesar 25 persen belum membuat Apple gerah. Hingga kini, mereka masih belum bersedia menanggapi berita tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar