INGIN MENGETAHUI BUDAYA DEDIJE ADA SEMUA TIPS DEDIJE ADA SEMUA DEDIJEGALE (SEMUA DISINI) SALAM PERTEMUAN DEDIJEGALE SEE U NEXT TIME DEDIJEGALE.COM GOOD BY * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG contakperson admin 082380027777 *

Cara Ampuh Supaya Rambut Bebas Dari Ketombe

Written By Kausarin Amd on Jumat, 30 Maret 2012 | Jumat, Maret 30, 2012


dedijegale.com

Ketombe
Memiliki masalah ketombe memang hal yang menjengkelkan. Rasa gatal di kulit kepala selalu saja mengganggu. Belum lagi ‘serbuk putih’ yang bertebaran di sela rambut sangat memalukan dan merusak kepercayaan diri. Banyak sampo anti ketombe ditawarkan, tapi sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda mengetahui fakta tentang ketombe.
Ketombe disebabkan oleh jamur yang sangat kecil atau dikenal dengan nama malassezia. Bakteri ini sebenarnya hidup di setiap kulit kepala. Makanan dari bakteri ini adalah minyak dan kulit kepala yang telah mati. Sebenarnya, minyak dan kulit kepala yang telah mati ini akan hilang saat Anda keramas.
Tetapi di beberapa kondisi bakteri tersebut tumbuh secara berlebihan. Bakteri tersebut membuat kulit kepala Anda menjadi iritasi. Rasanya menjadi sangat gatal bahkan kulit kepala menjadi merah.
☻ Penyebab umum ketombe ada 5 hal, yaitu:
► Faktor genetik
Jika ayah atau ibu Anda juga berketombe, Anda juga memiliki kemungkinan besar mengalami masalah ketombe.

► Kulit kepala berminyak
Kondisi kulit kepala yang berminyak akan memicu pertumbuhan ketombe. Bakteri malassezia sangat menyukai kulit kepala yang berminyak.

► Jenis kelamin
Masalah ketombe lebih banyak terjadi pada kaum pria karena hormon tubuh pria membuat produksi minyak pada kulit atau sebum lebih banyak.

► Suhu panas
Saat berada ditempat yang panas kulit kepala Anda akan cenderung berkeringat dan berminyak. Hal itu bisa memicu tumbuhnya ketombe.


► Stres dan ketidakseimbangan hormon
Faktor psikologis biasanya akan berpengaruh pada produksi hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala dan bisa menimbulkan ketombe.

Menurut seorang ahli kulit Zoe Draelos, M.D, ketombe sebenarnya bisa dengan mudah dihilangkan dengan sampo yang mengandung zat antiketombe. Tidak semua sampo antiketombe cocok untuk rambut dan kulit kepala Anda. Pilih yang tidak merusak rambut dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi kulit kepala.
☻ Perawatan apa saja yang harus dilakukan untuk mengusir ketombe? Simak tips berikut ini:
 Hindari produk rambut yang bisa membuat kulit kepala lembab misalnya minyak rambut, gel rambut, dan sebagainya.
 Konsumsilah makanan sehat dengan kandungan zinc dan vitamin B1 yang bisa menyehatkan kulit kepala dan mencegah terjadinya ketombe. Makanan yang mengandung zinc dan vitamin B1 antara lain daging sapi, domba, kalkun, salmon, tiram, kepiting, dan beras merah.
→ Atasi stres Anda. Jika Anda bebas stres, kulit kepala pun bebas ketombe.
→ Sedikit mandi matahari pagi bisa membuat kulit kepala lebih sehat. Lakukan setiap pagi saat udara masih segar.

Jika ketombe Anda berminyak dan berwarna kuning, berarti disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang tidak normal atau dikenal dengan nama seborrheic dermatitis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit kepala yang memerah. Jika kondisinya seperti itu, sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter ahli agar keadaan kulit kepala Anda tidak terinfeksi dan keadaannya semakin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolase

Kolase