INGIN MENGETAHUI BUDAYA DEDIJE ADA SEMUA TIPS DEDIJE ADA SEMUA DEDIJEGALE (SEMUA DISINI) SALAM PERTEMUAN DEDIJEGALE SEE U NEXT TIME DEDIJEGALE.COM GOOD BY * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG contakperson admin 082380027777 *

12 Cara Merawat Baterai HP Agar Tahan Lama, ngeGame Bisa Seharian?

Written By Kausarin Amd on Selasa, 18 Agustus 2020 | Selasa, Agustus 18, 2020

dedijegale

.

Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, prosesor cepat, dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi.

Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone serta umur baterai menjadi pendek.


Cara Merawat Baterai HP

Baterai memang menjadi salah satu sektor penting dalam sebuah smartphone. Tak salah jika para produsen berlomba-lomba membuat HP dengan kapasitas baterai jumbo.

Walaupun besar, terkadang kita merasa bahwa smartphone kita masih terasa boros. Itu terjadi karena kita salah merawat baterai HP, geng!

Tapi kamu enggak perlu khawatir karena kali ini Jaka akan berbagi cara merawat baterai HP tanam ataupun baterai removable!

1. Hindari Mode Getar

Cara Merawat Baterai Hp 1 Ea4b3
Sumber foto: MobileSyrup

Mode getar memudahkan kamu untuk tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik. Biasanya, kamu mengaktifkan mode ini apabila sedang berada di kelas atau sedang bekerja.

Tapi hal ini justru membutuhkan daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih.

Untuk menghemat baterai smartphone dan menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan Mode Silent saat kamu tidak ingin membuat keributan.

2. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Cara merawat baterai HP baru selanjutnya adalah jangan sampai membiarkannya terlalu panas alias overheat.

Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus, apalagi jika dibuat untuk bermain game dengan grafis HD seperti PUBG Mobile.

Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak, seperti menggunakan kamera hanya saat perlu, dan mematikan aplikasi dari background.

3. Hindari Permukaan Panas

Cara Merawat Baterai Hp 2 94456
Sumber foto: YouTube

Selain membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat.

Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain.

Cara Merawat Baterai Smartphone Lainnya . . .

4. Menjaga Siklus Pengecasan HP

Ada mitos tentang baterai HP yang menyebutkan tidak boleh mengecas baterai semalaman.

Hal ini sudah tidak berlaku karena smartphone sekarang sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik ketika baterai telah terisi penuh.

Ada teori yang mengatakan tentang cara pengisian baterai yang benar ialah lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 40% dan cabut saat terisi sekitar 80%.

Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu. Apalagi, sekarang sudah banyak smartphone yang telah dilengkapi fitur fast charging.

5. Aktifkan Battery Saver

Cara Merawat Baterai Hp 3 22510
Sumber foto: Android Authority

Kalau kamu penasaran bagaimana cara merawat baterai HP tanam agar awet, coba deh kamu aktifkan fitur Battery Saver di kala daya baterai tinggal sedikit.

Dengan mengaktifkan fitur ini saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-batt, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya.

Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-batt, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang memiliki fitur battery saver ya, geng.

6. Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan

Selain membuat baterai boros, dalam jangka panjang aplikasi yang banyak mengandung iklan akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performanya menurun.

Jaka punya beberapa artikel yang membahas tentang cara menghilangkan iklan pada smartphone Android, loh! Jadi, langsung aja cek di sana untuk tahu cara mudahnya.

7. Bijak Menggunakan Lokasi

Cara Merawat Baterai Hp 4 0bc3d
Sumber foto: Wired

Fitur lokasi di smartphone yang aktif terus-menerus berpotensi mempercepat baterai habis, sehingga kamu jadi sering mengisi ulang.

Dampaknya, jangan heran jika dalam waktu pemakaian sebulan, baterai akan cepat sekali drain.

Untuk menghemat baterai dan memperpanjang umurnya, selalu matikan fitur lokasi saat kamu sedang tidak menggunakannya.

Misalnya, kamu butuh mencari lokasi dengan menggunakan Google Maps, barulah aktifkan fitur GPS tersebut.

8. Atur Kecerahan Layar Smartphone

Dengan mengatur tingkat kecerahan layar ke yang paling rendah, smartphone kamu jadi lebih hemat baterai.

Kalau kamu sedang berada di tempat yang terang, barulah naikkan tingkat kecerahannya sampai kamu bisa melihat layar smartphone.

Oh iya, fitur auto-brightness juga lumayan menguras baterai, loh. Jadi, sebaiknya kamu atur secara manual aja, geng.

Agar semakin hemat baterai, jangan lupa untuk mengatur Time Sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misal 1 menit.

9. Update Aplikasi Hanya via WiFi

Cara Merawat Baterai Hp 5 74a3c
Sumber foto: PCWorld

Saat terhubung dengan WiFi, smartphone kamu akan terkunci pada jaringan itu saja sehingga penggunaan CPU dan baterai jadi lebih hemat.

Untuk itu, saat update aplikasi dan update OS, sebaiknya kamu lakukan hanya saat terhubung dengan WiFi.

Cara merawat baterai HP agar tidak boros yang satu ini juga efektif untuk membantu kamu menghemat kuota.

10. Gunakan Airplane Mode

Jarak smartphone ke BTS operator yang kamu gunakan juga memengaruhi umur baterai. Semakin jauh dari BTS, semakin smartphone bekerja keras untuk mencari sinyal.

Untuk itu, saat berada di daerah yang tidak terpapar oleh jaringan mobile dari operator yang kamu gunakan, sebaiknya atur smartphone kamu ke Airplane Mode.

Tujuannya agar daya baterai kamu tidak terbuang sia-sia. Rehat sejenak dari internet enggak bakal bikin kamu balik jadi manusia purba, kok!

11. Matikan Notifikasi

Cara Merawat Baterai Hp 6 4f8d6
Sumber foto: Lifewire

Sesekali, coba matikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang kamu anggap tidak penting. Ini efektif untuk menghilangkan kecanduan smartphone dan menghemat baterai.

Untuk mencobanya, kamu bisa masuk ke menu Setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi ataupun game yang tidak ingin kamu tampilkan notifikasinya.

Pada bagian Show Notification, hilangkan centangnya.

12. Gunakan Wallpaper Statis

Penggunaan live wallpaper di Android memang membuat smartphone jadi keren, tapi juga membuat baterai smartphone cepat habis.

Sebaiknya gunakan wallpaper statis saja. Akan lebih baik jika menggunakan wallpaper warna hitam karena wallpaper berwarna cerah juga lumayan menguras baterai.

Akhir Kata

Setelah membaca 12 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu ini, adakah yang pernah kamu lakukan sebelumnya?

Jika iya, coba lakukan semuanya, lalu share pengalaman kamu setelah melakukannya. Jaka, sih, benar-benar merasakan manfaatnya.

Mungkin memang enggak bisa bikin kita main game PUBG Mobile selama 24 jam penuh. Rata-rata, kamu hanya bisa bermain game dengan smartphone dalam waktu 6 jam aja, geng.

Akan tetapi, kalau kamu rajin merawat baterai HP-mu, tentu masa pakainya akan jadi lebih panjang dan kamu enggak perlu buru-buru buat ganti HP baru!

li ini, Jaka akan berikan 12 cara merawat baterai HP kamu agar bisa tahan seharian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolase

Kolase