INGIN MENGETAHUI BUDAYA DEDIJE ADA SEMUA TIPS DEDIJE ADA SEMUA DEDIJEGALE (SEMUA DISINI) SALAM PERTEMUAN DEDIJEGALE SEE U NEXT TIME DEDIJEGALE.COM GOOD BY * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG contakperson admin 082380027777 *

Cara mengatasi susah tidur tanpa obat

Written By Kausarin Amd on Minggu, 23 Agustus 2020 | Minggu, Agustus 23, 2020

dedijegale

Jangan tidur di sofa jika tidak ingin susah tidur
Tidur di sofa sebaiknya dihindari apabila Anda sedang susah tidur
Bagi Anda yang kerap mengalami kesulitan untuk tidur, beberapa langkah di bawah ini dapat dilakukan agar dapat lebih mudah terlelap. Mulai dari latihan pernapasan hingga memerhatikan lokasi tidur, berikut ini sembilan cara mengatasi susah tidur yang dapat Anda coba.

1. Bersiap tidur saat sudah benar-benar mengantuk

Beberapa orang mengatakan bahwa mereka mencoba tidur lebih awal sekitar jam 7-8 malam. Namun sayangnya, mereka hanya berbaring dan tetap sulit memejamkan mata.Sebagai alternatifnya, Anda hanya perlu mengatur jadwal tidur saat benar-benar mengantuk. Jika Anda biasanya baru mengantuk pukul 9 malam, maka jangan sudah bersiap tidur dari pukul 7 malam. Cobalah untuk bersiap-siap tidur, saat Anda sudah benar-benar mengantuk. Dengan begitu, lama-kelamaan tubuh akan mendapatkan sinyal untuk terlelap di tempat tidur tepat waktu.

2. Tidak tidur di sofa

Apakah Anda cenderung lebih mudah terlelap saat duduk di sofa? Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan ini dengan melatih tubuh agar terbiasa tidur di tempat tidur. Anda juga bisa berolahraga ringan sebelum tidur. Semakin Anda aktif, maka semakin nyenyak tidur malam Anda. 

3. Latihan pernapasan dengan teknik 4-7-8

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan relaksasi, agar tubuh dan pikiran lebih santai. Coba latihan pernapasan di bawah ini sebagai langkah agar Anda tidak lagi kesulitan untuk tidur:
  • Tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4
  • Tahan napas Anda selama tujuh hitungan
  • Lalu embuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan
  • Ulangi sebanyak tiga kali
Selain itu, catat di kertas tentang hal-hal yang Anda pikirkan. Misalnya, agenda kegiatan yang harus dilakukan besok atau tugas-tugas yang belum terselesaikan.

4. Tinggalkan kamar tidur sejenak

Sering terbangun di malam hari dan tidak dapat tidur lagi? Tidak perlu memaksakan diri. Bangunlah dan pindah ke ruangan lain. Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan sampai Anda merasa sudah siap untuk kembali tidur. Sebagai contoh, Anda bisa menikmati sepotong biskuit atau buah. Namun, jangan makan terlalu kenyang.

5. Buat suasana kamar menjadi nyaman

Kamar yang terlalu terang, bising, dan terlalu panas atau dingin bisa membuat Anda jadi susah tidur. Sehingga cara mengatasi susah tidur yang efeketif adalah dengan mengubah suasana kamar tidur.Saat sudah memasuki jam tidur, jangan nyalakan penerangan berlebihan di kamar. Buat suasana menjadi lebih gelap, tenang, dan sejuk. Selain itu, pilih bantal kasur yang nyaman untuk mendukung Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.
Cara mengatasi susah tidur salah satunya jangan main gadget sebelum tidur
Sinar biru dari gadget bisa buat Anda susah tidur

6. Batasi penggunaan gadget di malam hari

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

7. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang memang tidak dilarang. Namun, Anda perlu memerhatikan durasi serta waktunya. Tidur siang yang terlalu lama dan terlalu mepet ke jam tidur malam bisa membuat Anda susah tidur. Sebaiknya, batasi waktu tidur siang selama 30 menit saja dan lakukan itu sebelum pukul 3 sore.

8. Batasi konsumsi kafein

Kafein bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam. Jadi, Anda perlu mengurangi konsumsinya. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tapi juga teh, minuman bersoda dan minuman penambah energi. Sebagai pengganti, Anda bisa minum susu hangat sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi kafein setelah pukul 2 siang. 

9. Berolahraga secara teratur

Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur seperti berenang dan jalan kaki bisa mengurangi tekanan yang menumpuk akibat pekerjaan maupun masalah lain yang sedang dialami. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih cepat tertidur.Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat. Sebab, latihan kelewat berat justru akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolase

Kolase